×
Menjual produk digital dan tipsnya

Di era digital seperti sekarang ini, apa saja bisa dijadikan uang, asal kamu jeli melihat peluang, ulet, pantang menyerah untuk mengolahnya, karena begitu banyak para generasi muda sekarang yang bisa menghasilkan uang dengan mudah melalui internet, dalam hal ini menjual produk secara digital, apa saja ?


  • Membuat Ebook
  • Video tutorial bundling
  • Jasa ilustrasi
  • Template presentasi
  • Sharing Account


Membuat Ebook

Berikan ebook atau paper atau tutorial singkat lalu iklankan dengan IG ads, kemudian arahkan pada sebuah landing page,untuk meminta user memasukkan data sesuai demografi sebelum ebook bisa di download oleh user, sehingga kamu punya data calon pelangganmu. Setelahnya kamu bisa menjual versi lengkap dari ebook tersebut


Video tutorial 

Buatlah part awal sebagai pengenalan untuk engagementnya, berikan gratisan di udemy, dan upload juga di youtube, ajak real project, agar tertarik dan membeli versi lengkapnya, Tutorial yang menarik adalah : yang sedang dibutuhkan industri atau hobi yang bisa menjadi cuan.

grid-video-tutorial1656861324.jpg

Pastikan yang relevan dan sejalan ya, contoh : kamu buat bundling video digital marketing didalamnya ada video tutorial set up campaign, email marketing, cara membuat content menarik dll bukan di campur dengan video tutorial mengolah data, jelas akan memusingkan dan memecah fokus pelanggan kamu nantinya


Jasa ilustrasi

Pembuatan ilustrasi baik handsketch maupun dengan tools untuk membuat karikatur atau sekedar design icon adalah jasa yang cukup banyak dibutuhkan, coba lakukan penjualan dengan reply di kolom komentar twitter ataupun instagram, jangan lupakan situs marketplace pekerjaan sampingan, untuk menawarkan jasamu, akan lebih baik juga kalau kamu, sering-sering posting hasil ilustrasimu di account sosmed dan jadikan hasil karyamu di foto profil whatsapp/telegram kamu. 


Template presentasi

Pasti kamu pernah membuat presentasi baik untuk laporan kerja, pitching ke client, ke calon customer, ke investor, sampai ke atasan, tentu kamu buat sebagus mungkin dan sebaik mungkin bukan ? kalau disimpan doang sayang loh, ada baiknya kamu bisa jual lagi.

grid-templatepresentasi1656861375.png


Buat selengkap mungkin, baik tema company profile, business planning, market planning, annual report, business operation, dan lain-lain. Pastikan graphicsnya banyak memakai vector dengan resolusi tinggi dan templatenya editable ya, tulis juga, suitable for business background xxx, kamu sebutkan misal untuk bisnis kontraktor, industri kreatif atau barang produksi.


Sharing Account

Menjadi reseller sharing account, seperti akun spotify, akun canva, akun youtube premium, gramarly dan akun-akun premium apps lain secara digital yang bermanfaat baik untuk hiburan atau untuk pekerjaan maupun alat belajar.


Memang keuntungan yang didapat tidak sebanyak menjadi dropshipper, karena kamu tidak perlu repot-repot menjual produk ini seperti kamu menjual jasa pembuatan website, kamu cukup rajin main twitter dan promosikan di kolom komentar instagram.


Meskipun persaingan ketat karena harga kompetitif dan tergantung siapa yang akan dipilih calon pelanggan, kamu tetap harus optimis, rajin, ulet dan melayani pelanggan kamu dengan baik, usaha jenis ini banyak dimanfaatkan oleh para mahasiswa/i yang mau tambah-tambahan uang jajan, cari suppliernya biasanya ada di twiter sih dengan keyword "reseller sharing account", kalau kamu hoki atau rajin, pasti bisa dapat peluang ini.


Bagaimana cara menjual produk digital ?

Berikut ini Creativauz share cara menjual produk digital, simak baik-baik.


Posting ke Pinterest

Salah satu graphic promotion terbaik, dimana linknya bisa diklik berbeda dengan instagram,akan disarankan dengan 1 atau beberapa gambar yang informatif, berupa infographic ataupun konsep step process untuk menjelaskan isi content kamu, dan banyak memberimu engagement dari user worldwide, nah linknya bisa kamu arahkan ke toko marketplace kamu atau websitemu pribadi.


Gunakan IG ads

Dari platform facebook.com/adsmanager kamu bisa jalankan iklan ke instagram ataupun facebook untuk karyamu, buat sebagus mungkin ilustrasi dagangan digital kamu itu pakai graphics terbaik kamu bisa pakai canva atau semacamnya yang eye catching dan sesuaikan tema dengan produk yang kamu jual.

grid-jualproduk1656861489.png

Posting ke Account Sosmed

Account sosmed yang sering kamu pakai, seperti twitter ataupun instagram bisa membantu dagangan kamu banyak dikenal dan berpotensi closing,gunakan hashtag #jasailustrasi #ilustrasiwajah dan lain sebagainya.


Gratisan

Untuk ini masih beda tipis dari postingan-postingan diatas, dan khusus untuk produk template presentasi, kamu buat template presentasi yang ekslusif dan sedikit lebih bagus, namun beberapa halaman saja, upload gratis, misal di pinhome, slidesgo dll, nah tambahkan atau berikan keterangan footnote, jika ingin lebih lengkap dan bagus, silahkan beli di www.websitekamu atau cantumkan alamat email kamu.


Pekerjaan jenis ini umumnya dijadikan pekerjaan sampingan, karena hanya beberapa poin saja yang cocok dijadikan pekerjaan utama, karena hanya seperti menjual video tutorial bundling, yang bisa mendatangkan cuan lebih besar dibanding lain-lainnya, ikuti terus content Creativauz untuk kamu yang tertarik lebih dalam mengenai digital marketing, SEO, creative digital, online research dan Ilmu IT.(Creativauz)

×

Notice!!

PROMO KEMERDEKAAN 77, dapatkan diskon 7,7% untuk pembelian Jasa iklan Google Ads, SEKARANG!