×
Tips Membaca Dokumentasi Pemrograman

Dokumentasi atau yang bisa juga disebut manual dari pemrograman adalah rujukan paling penting, meskipun seperti enskilopedi yang membosankan dan contoh pemakaiannya sulit dipahami kebanyakn orang, tapi bagi para expert, hal ini menjadi tujuan pertama saat mempelajari pemrograman baru.

Nah, dari para expert yang khatam dokumentasi inilah, baru biasanya membuat tutorial-tutorial untuk bahasa pemrograman tersebut, kita ambil contoh python programming dengan django sebagai web frameworknya, yang, menjelaskan untuk meng-query database, dapat menggunakan objects, maka dengan objects bisa memakai filter, get, order_by dan lain-lain.

Dalam contoh tersebut, Objects adalah sebuah class yang bisa digunakan dengan method lain, memang dalam penjelasan dokumentasi tersebut sangatlah sederhana, namun bagi yang sudah memahami OOP, informasi tersebut lebih dari cukup dan sang programmer akan bisa explore bahkan improve lebih dalam.


Membaca Offline

Tidak harus dari situs resminya secara online, jika terdapat koneksi internet, langsung saja menginstall dokumentasinya, sudo apt install python3-doc, sehingga saat offline, kamu tetap bisa membacanya dari laptop atau pc mu, jika kamu memakai linux, kamu juga bisa baca dokumentasi beberapa bahasa lain.

java -help

javac -help

kotlin -help

hugo help

man php

man node

php --help


Bahasa Inggris

Karena memang banyak tersedia dan lebih di mengerti dengan bahasa Inggris, maka skill ini wajib dikuasai, karena pernah penulis mencoba men-translate-nya, maka hasilnya malah memusingkan, selanjunya, setelah kamu membacanya, cobalah mempraktekkan dengan unit testing, di local environment kah atau buat direktori baru di localhost.


Baca Version nya

Gak mungkin dong misal kamu pakai Django 3.1 ternyata kamu baca Django 4.0, memang pas googling yang nongol memang disediakan Django 4.0 sebagai default page documentation nya, makanya kamu harus telit, jadi programming apa yang kamu pelajari, berapa versionnya, pastikan sesuai dengan yang sedang terinstal dan kamu pelajari di laptop.


FAQ dan Komunitas

Biasanya, didalam dokumentasi juga menyediakan tanya jawab umum, dan tidak jarang juga terdapat komunitasnya berupa mailing list, jangan coba-coba mengajukan pertanyaan konyol, atau kamu akan dicuekin, contoh pertanyaan konyol adalah, hal yang sebenarnya ada dan mudah dimengerti, malah kamu tanya dengan minta disuapin jawaban detailnya.

Komunitas lainnya yang terbaik adalah stackoverflow, ini komunitas kelas international yang banyak diisi para newbie sampai para expert,pahami dulu FAQ dari dokumentasi pemrograman yang kamu pelajari, jika kamu kesulitan dan sudah mempraktekkannya, bawa screenshot dan pertanyaanmu yang detail ke komunitas tersebut, kemungkinan besar akan ada orang berbaik hati menjawab pertanyaanmu.


Latihan latihan latihan

Setelah membaca lengkap dokumentasi, lakukan praktek, dan berlatih, di postingan sebelumnya saya sempat mention untuk cari komunitas,diskusikan bersama teman belajarmu, yang jelas yang sama-sama punya effort ya.

Dalam bahasa pemrograman komputer tidak ada yang instan, dan tidak bisa hanya mengandalkan satu bahasa saja, kamu harus minimal mengerti secara konsep saja untuk bahasa lain, karena saat berkarir nanti, kamu akan bersinggungan dengan bahasa lainnya.


Buatlah juga dokumentasi program yang telah kamu ciptakan, meskipun itu hanya program sederhana, lalu setelah beberapa hari, coba kamu baca kembali, apakah mudah dipahami?. Kemudian cobalah untuk kolaborasi dengan programmer lainnya, bisa mulai dengan mengembangkan program sederhana teman belajarmu atau programmer advance di github, tantangan besar memang, tapi kalau berhasil, kamu pasti puas, dan kamu siap ke step selanjutnya, selamat mencoba!(Creativauz)

×

Notice!!

PROMO KEMERDEKAAN 77, dapatkan diskon 7,7% untuk pembelian Jasa iklan Google Ads, SEKARANG!