×
Hal penting untuk konten marketing

Memasarkan website atau suatu profil digital seperti sosial media maupun platform video, tentu dibutuhkan konten yang menarik, konten yang edukatif, bermanfaat atau sedikitnya menghibur, karena dari hal yang menarik minat seseorang ini, bisa mendatangkan potensial customer.


Lalu apa saja sih yang dibtuhkan untuk menjalankan konten marketing, dan apa strateginya ? apa takaran suksesnya sesaat sesudah menjalankan konten marketing ? simak artikel ini sampai selesai ya, karena kita akan belajar tentang hal penting untuk konten marketing.


Set Goals

Yang terpenting adalah kamu harus bisa Set Goals kamu, misal kamu bikin konten ini supaya mendatangkan traffic kan ? dari traffic bisa mendatangkan leads, dari leads, bisa menghasilkan penjualan, umumnya kan seperti itu.


Buat dulu skema lalu petakan berdasar niche website atau sosmed kamu, dan siapa aja sih audience kamu, kita ambil contoh goals ini adalah mendatangkan leads juga meraup SEO rank google gitu ya, kamu bisa cek di google search console, keyword apa yang bisa mengarahkan orang ke website kamu, dan apa saja yang meleset, misal keyword yang kamu terapkan tapi tidak mendatangkan pengunjung, setelah dapat, buat prioritas yang mana dulu, misal keyword yang paling laris yang tercatata di search console, maka, yang itu yang kamu kuatin konten marketingnya.


Konten Riset

Ini wajib, setelah menentukan Goals, pastikan konten kamu akan diterima banyak orang, jangan lakukan hal konyol seperti membuat konten yang kontroversial apalagi yang pansos ya, kecuali kalau memang kamu niat menjadi biang keributan.


Maka, langkah terbaik adalah memakai google trends, apa yang sedang trend hari ini, pastikan konten yang kamu buat, relate dengan daily trend, buat se unique mungkin, contoh yang sedang ramai dibahas, Polri menghimbau pemotor tidak memakai sandal, maka buatlah artikel yang ada unique value dan terdapat sentuhan hiburan dan pastinya, saran untuk audiens kamu.


Kenali Audiens

Masih ada hubungannya ama yang diatas, audiens kamu siapa ? sebagai contoh Creativauz ini ya, which is audiens blognya adalah orang yang ingin belajar digital marketing, jadinya kami harus rajin bikin artikel yang berkaitan tentang ilmu digital marketing dan sebagainya.


Brand Positioning

Kenali Brand kamu, bisa secara sederhananya mengecek SEO rank nya, seperti apa pengenalan audiens kamu terhadap produk kamu, seberapa menarik produk kamu ? apakah produk kamu ada perbedaan dengan kompetitormu yang mana kompetitor harus memilih kamu dari pada mereka, misal famousnya produkmu atau layanan after salesmu.


Sosial Media Marketing

Untuk ini kamu bisa mulai dengan menjalankan iklan di platform dimana sosial media kamu beroperasi, pantau terus reach dan impresinya, buat engagement antara akunmu dan followermu, lakukan riset sederhana, kenapa orang tertarik follow kamu ? konten mana yang menarik, konten kamu mana yang kurang mendapat atensi ?.

Aktif berkomentar di akun orang lain dan memperkenalkan akun sosial media kamu ke platform lain adalah salah satu cara Sosial media  marketing yang patut kamu jalankan, buatlah postingan menarik sedikitnya 3kali dalam satu hari.


Buat Artikel atau Blog

Dalam website yang berkaitan mengejar target SEO, membuat artikel atau publikasi, maupun blog di website adalah suatu keharusan, karena selama google masih aktif, selama itu juga orang akan melakukan pencarian, buatlah artikel kamu se menarik mungkin sehingga pengunjung kamu betah berlama-lama di website kamu.


Mobile Friendly

Website kamu, wajib mobile friendly, bahkan sejak 2014, saat Google tidak menemukan website yang mobile friendly, maka siap-siap aja di copot ranknya oleh google atau semakin anjlok semakin jauh, jadi, rajin-rajin pantengin google search console ya, ada issue apa di website kamu yang terdeteksi oleh robot mesin pencari.


Email Marketing

Setelah buat konten, setelah bertegur sapa di sosmed, tidak ada salahnya membagikan konten bermanfaatmu ke subscriber website mu (bila ada) kalau tidak ada, berkirimlah email pada seseorang yang kamu dapatkan emailnya secara legal, dengan pesan yang sopan, akan lebih menarik kamu mengisinya dengan soft selling dan membuat penerima email merasa dihargai privasinya dan penasaran mengunjungi website kamu, jadilah kreatif!


Konten adalah serupa nyawa dalam internet marketing, digital marketing atau what we named it online marketing, bahkan tidak jarang orang belajar secara intensif untuk menguatkan konten, pastikan kamu menyiapkan konten untuk strategi marketing kamu, baik untuk website yang akan di iklankan ataupun yang ditargetkan sebagai SEO di rank google, selamat mencoba.(Creativauz)

×

Notice!!

PROMO KEMERDEKAAN 77, dapatkan diskon 7,7% untuk pembelian Jasa iklan Google Ads, SEKARANG!