×
Memperbaiki SEO Website

Pada masa sekarang, SEO website adalah hal yang sangat vital dibutuhkan bagi pelaku usaha, khususnya bisnis yang memang direct selling melalui media website, kemudahan hasil di mesin pencari adalah suatu kewajiban yang juga keniscayaan.

Meski begitu seiring berjalannya waktu website bisa saja mengalami error, entah perubahan muat halaman yang melambat, ataukah salah satu komponen halaman yang hilang sehingga mengganggu crawling robots mesin pencari, hingga hal-hal teknikal lainnya seperti permasalah seting directory pada server yang lagi-lagi halaman website tergganggu.

Berikut Creativauz rangkum berdasar pengalaman untuk mengatasi masalah SEO untuk memperbaiki SEO website.

Cek Robots.txt dan pantau google search console

Pastikan settingan di robots.txt sudah benar, artinya kamu harus tau mana yang di Disallow dan mana yang Allow, karena ini sangat pengaruh, bagian mana saja yang boleh dirayapi bot mesin pencari, dan bagian mana yang memang tidak boleh.

Sedangkan google search console adalah alat dari Google yang bisa membantu kita menganalisa keyword mana yang potensial untuk di boost, hal ini bisa diperhatikan dari incoming search words yang mengarah pada website kita, termasuk apakah ada keyword yang tidak seharusnya mengindeks kan halaman website kamu, contoh kamu punya artikel kesehatan, karena website kamu adalah menjual asuransi kesehatan, jika incoming wordsnya adalah tips agar claim asuransi kesehatan disetujui, maka sudah sesuai niche, tapi jika yang terindeks adalah penyakit panu, maka ini masalah, dan kamu bisa evaluasi dari search console.

Pilih sebagai Canon

Pilih domain yang terutama sebagai canonical, misal www.creativauz.net, maka pastikan ini yang dipakai, jangan sampai juga memakai https://creativauz.net atau creativauz.net/home.html, tentu ini juga mempengaruhi kemerosotan website kamu.

Solusinya, kamu harus gunakan .htaccess untuk me redirect ke URI yang kamu tentukan, sehingga yang menjadi canon bagi website kamu hanyalah satu yang kamu tetapkan.

Sitemap

Seringkali yang mengalami problem pada SEO websitenya, adalah sitemap.xml, bahkan google search console pun seringkali mengingatkan bahwa kita harus menguploadnya, padahal caranya mudah, hanya mendaftar di xml-sitemap.com dan memasukkan URL website kamu, maka website sudah tergenerate sitemapnya secara otomatis.

Jika menggunakan wordpress maka cukup memakai plugins YOAST saja, kamu bisa menciptakan sitemap untuk website kamu, sehingga bisa membantu website lebih mudah terprogress.

Backlink

Permasalahan yang kerap terjadi selanjutnya adalah backlink, dengan terjadinya backlink yang sudah tidak lagi relevan, seperti di forum online, spam URL, di komentar blog seperti jaman dulu yang memakai teknik blog walking, cara memastikannya adalah, dengan menuju google search console, lalu klik Links di sidebar, perhatikan pojok kanan, dan klik Export External Links.

Lakukan evaluasi terhadap link-link yang mengarah ke situs kamu, seperti banyak tidak traffic websitenya, apakah ada link dari website yang berkualitas, apakah memiliki Domain Authority maupun Page Authority, dan apakah ada relevansinya dengan portal situs kamu.

Mengerjakan seo dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan, karena konsepnya adalah memasarkan website dengan konten-konten yang menarik pengunjung, sehingga jika konten kamu menjual, maka yang mengunjungi akan tertarik dan betah berlama-lama di situs kamu.

Apabila kamu merasa kewalahan dan membutuhkan bantuan, dengan Creativauz yang telah berpengalaman dalam SEO dan digital marketing lebih dari 7 Tahun, kamu menyerahkan tugas pada ahlinya.

×

Notice!!

Gunakan kode p4hl4w4n pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign