×
SEO Checklist, begini cara membuatnya

Hal yang berbeda dari sebelum-belumnya, Creativauz membahas mengenai pengertian, pengenalan SEO dan beberapa tekniknya, kali ini, kami akan share tentang, langkah awal bagi kamu yang akan mengerjakan SEO, maka dari itu kita sebut SEO Checklist, adalah panduan, kalau mau jalankan SEO.

Pastikan ini masuk dalam checklistmu, atau bisa diskusikan dengan Jasa SEO atau Digital Marketing Agency kepercayaanmu.

Pastikan websitemu sesuai niche
Beberapa orang atau bahkan perusahaan banyak membuat dan meng-optimasi website dengan beragam jenis niche, bahkan sama sekali tidak relate, perlu disadari, jika kamu ngelakuin hal ini, pasti kamu harus bersaing ketat dan harus kerja keras dengan website yang hanya optimasi 1 niche saja.

Pastinya, waktu kamu akan tersita dengan membahas beberapa niche dalam satu website, jadi ketika website lain telah membuat 100 artikel untuk 1 niche, kamu bisa saja baru membuat 10 artikel saja, see, 1:100, pastinya website kamu lemah dihadapan mesin pencari.

Ditambah lagi artikel niche XYZ tampil pula dengan link yang bersambungan dengan niche ABC, DEF, GHI, pastinya hal ini juga tidak relate dan menghancurkan halaman yang kamu optimasikan, pastinya ini sangat merepotkan ya, dan kamu harus punya beberapa penulis.

Plugins SEO
Kalau kamu pakai wordpress, gunakan Yoast, allinone SEOPack atau bisa juga memakai, rich snippets, kalau website kamu bukan dari CMS pada umumnya, bisa memakai panduan struktur data yang dijelaskan di schema.org.

Sitemap
Sitemap atau peta situs sangatlah wajib, karena ini juga masuk diantara kegiatan SEO audit, di Yoast tadi, bisa pilih di Menu SEO Yoast klik General, lalu klik tab Features, dan akan muncul pilihan XML Sitemaps.

Selanjutnya akan muncul link bertuliskan See The XML sitemap, dan biasanya akan muncul beberapa pilihan post-sitemap.xml, page-sitemap.xml dan category-sitemap.xml

Robots.txt
Yang gak kalah penting lainnya adalah robots.txt, klik saja link ini bagi yang belum tahu apa itu robots.txt bagi pengguna wordpress, bisa memanfaatkan plugins SEO Yoast tadi, dengan cara klik Menu SEO lalu klik Tools klik File Editor dan Klik Create Robots.txt file, atau bisa mengikuti settings basic seperti dibawah ini.

User-Agent: *
Allow: /wp-content/uploads/
Disallow: /wp-content/plugins/
Disallow: /wp-admin/
Disallow: /readme.html
Disallow: /refer/

Sitemap: https://www.creativauz.net/post-sitemap.xml
Sitemap: https://www.creativauz.net/page-sitemap.xml


(*ubah www.creativauz.net dengan domain kamu)

Google Analytics dan Google Search Console
Kamu bisa memanfaatkan mesin pencari dengan kata kunci memasang google analytics atau memasang google search console, fungsinya adalah, untuk google search console kamu bisa memantau keyword apa saja yang mengarahkan website kamu, berapa pengunjung per 7 hari per 1 bulan atau bisa custom.

Selanjutnya kamu juga bisa mendapat laporan berkala jika terjadi error atau sesuatu yang harus kamu perbaiki di website kamu.

Sedangkan google analytics, sangat berguna untuk menganalisa, memantau pengunjung, melihat laporan detail, kenapa website kamu naik, kenapa website kamu sepi, dari mana saja backlink yang kamu dapat, dari mana saja pengunjung tau website kamu.

Google Business
Website bisnis atau Google business, hal ini sangatlah haram ditinggalkan untuk kamu yang sedang menjalankan SEO website, karena dengan ini akan menambah impresi terhadap website kamu, yang akan terekam di google search console.

Keunggulan lainnya adalah, akan membantu meyakinkan calon pelanggan kamu atas review yang tertulis dalam layanan ini, dan pastinya, pengalamatan website kamu, maka, jangan pernah lewatkan step ini.

Kata Kunci Utama
Kata kunci, jelas dong ini jantungnya SEO, tanpa kata kunci, bagaimana website kamu akan ditentukan oleh pengunjung, jadi kamu harus menentukan, dengan cara me-riset yang sesuai dengan niche website kamu,yang selanjutnya adalah memastikan seberapa sulitnya websitemu jika dipasangkan dengan kata kunci tersebut.

Bisa memilih, dengan metode Long tail keyword dulu lalu mengerucut ke keyword utama, atau short tail keyword hingga menuju long tail keyword yang semuanya berkesinambungan, kamu bisa memakai tools seo seperti semrush atau ubersuggest untuk menentukannya, pastikan, kamu bisa jangkau keyword yang sudah kamu tentukan.

Pastikan keyword relevan
Setelah keyword yang relevan dengan website, maka kamu harus buat artikel yang relevan dengan keyword, jadi pastikan juga apakah artikel dari keyword ini bisa menarik minat pengunjung ? ataukah artikel ala kadarnya yang tidak memiliki daya tarik ? harus di cek kembali ya.

URL
Dikutip dari Ahrefs.com, terdapat sekitar 2juta keyword yang mudah ditangkap google dan mendapat rank terbaik,apabila website dengan URL yang menarik, pendek dan readable, meskipun judul website agak panjang, pastikan URL website kamu relatif pendek ya, contoh : https://www.creativauz.net/news/belajar-dari-kegagalan-startup

Judul dan Meta Desc
Selain relate, selain nyambung dengan judul dan deskripsi, yang terpenting lainnya adalah, pastikan keyword yang kamu target, berada di paling awal artikel kamu, sedangkan pada keyword yang melebar, pastikan terdapat keyword tambahan, contoh :

Judul: Jasa SEO Terpercaya
Meta Description: Kami sebagai Jasa SEO Terpercaya memberikan harga terbaik dengan layanan prima, garansi 50% sebagai jaminan kepercayaan anda pada kami.

Perhatikan H1, H2 dan H3
Gunakan hanya tag H1 saja, jangan lebih untuk setiap artikel yang kamu buat, notabene H1 ini memang untuk judul website,memang google pernah menyebutkan bahwa kamu bisa memakai H1 sebanyak yang kamu mau, tapi H1 direkomendasikan cukup 1 saja.

Sedangkan H2 dan H3 dapat digunakan untuk sebagai sub-judul atau judul paragraf saja, dengan sistem penomoran atau poin agar artikel lebih rapih dan mudah terindeks.

Gunakan External dan Internal Link
Pastikan menggunakannya dengan baik, tentunya relevan dan tidak terlalu banyak, menggunakan anchor link, eksternal link disini memang memberikan link ke luar website, yang artinya backlink ke website lain, namun jika diperlukan sebagai materi konten, tidak ada salahnya memberi eksternal link.

Alt Tags Gambar
Untuk gambar yang anda lampirkan di artikel website, pastikan memasang alt tags yang memberikan keterangan mengenai gambar anda, sehingga akan terbantu dengan hasil pencarian google images.

Schema Markup
Memakai schema markup website akan menambah poin plus bagi website yang di optimasi, sehingga di hasil pencarian akan menarik dan memberikan informasi bermanfaat bagi user.

Mobile Friendly
Gunakan website https://search.google.com/test/mobile-friendly untuk memastikan apakah website kamu sudah friendly sesuai standar yang ditentukan google apa tidak, jika belum kamu bisa mendiskusikan dengan jasa pembuat website kepercayaanmu.

Jauhkan iklan
Google mengusung tema Above the Fold, kalau iklan kamu menutupi konten, cepat atau lambat akan terdeteksi google, dan pastinya ini akan mengurangi poin seo website kamu, kalau persaingan website kamu sangat ketat, tentu websitemu akan segera tersingkir.

Semoga bisa memberi manfaat bagi kamu, dan jangan lupa dimasukkan sebagai checklistmu, kalau pusing,cukup simpan gambar ilustrasi ini saja, sehingga kamu tau, karena tulisan digambar tersebut adalah poin pentingnya.

×

Notice!!

Gunakan kode sincia2023 pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign