×
SEO bagus, SEM jalan, kenapa sepi peminat ?

Website yang mengisi posisi page one google, tidak dipungkiri lagi kalau analoginya sama seperti punya toko fisik dengan lokasi strategis, dari analogi tersebut, tentu dibutuhkan tambahan faktor lain, seperti pelayanan, jam buka, harga, bahkan display toko yang menarik, supaya peminat atau pengunjung toko tetap ada atau bahkan bertambah.

Jika SEO secara alami membuat website anda di hasil pencarian utama mesin pencari google, maka dengan SEM, secara instan membuat website anda bersaing dengan website lain yang memakai 'jalan pintas' dari google adwords ini, untuk bercokol di halaman pertama dan posisi yang kadang barisan teratas atau paling bawah dengan pembayar lain.

Faktor selanjutnya sudah tentu adalah UX atau User Experience yang berperan sebagai tampilan yang memanjakan mata, dimana high value dari website ini memberikan kesan baru bagi pengunjung website, sesuatu yang meyakinkan, ada konten dan tampilan landing page yang sesuai dari konsep website tersebut, sampai tak sengaja pengunjung menyebut "keren ya web ini", dan tak lepas dari peran UI di dalamnya.

Jika dianalogikan kembali seperti lapak fisik diatas, UX dan UI ini seperti lampu yang berkilauan atau warna bangunan yang indah, yang membuat pengunjung otomatis menoleh pada hal yang warna-warni, lalu menciptakan rasa penasaran, "ooh toko furniture, pantas lampunya mentereng dan ada display barang perabot" atau "ooh toko cat, pantesan bangunannya berwarna indah, ada tulisan jam buka".

Sekali dua kali masyarakat melalui toko demi toko, apabila toko tersebut ada lebih dari satu atau dua di beberapa tempat strategis, dengan desain yang typical dan tentunya bisa mengalihkan pandangan, lama kelamaan toko tersebut akan mendapat tempat sendiri di hati setiap yang melihatnya karena keunikannya, maka toko tersebut akan seperti chat whatsapp kamu saat me respon chat atasan yang complain di after office, yaitu "Note pak".

Jika lama kelamaan orang mengenal brand dari toko fisik tersebut, karena dari sering melewati toko yang ada di jalan raya, maka akan tercipta brand awareness secara alami, hingga di suatu kondisi, saat membutuhkan barang, kita akan langsung percaya pada toko itu, karena strategi dagang di tokonya yang memang terpercaya, baik dari tagline nya, hingga kekuatan toko atas penjualan produk yang sudah spesialisasinya.

Banyak pengunjung belum tentu banyak peminat

Dalam prakteknya saat toko tersebut menguasai pasar, biasanya toko yang bertema franchise atau memang kuat duit untuk buka cabang di seluruh penjuru kota bahkan kota satelitnya, toko tersebut akan di ingat, dan tentunya sering mendapat pengunjung, tapi bisa saja peminatnya juga tidak se ramai yang diprediksikan, begitupun pada porsi website atau toko online.

Memang, karena skemanya, website dengan konten yang relate dan menarik akan dibantu oleh mesin pencari untuk mendatangkan pengunjung yang sesuai profil dan kata kunci yang di inginkan, selanjutnya banyak organic visitor mengunjungi website, lalu kedepannya akan memutuskan membeli produk-jasa kita atau tidak, itu variabel lain yang akan menentukan.

grid-traffic-leads-sales1660445646.jpg

Tapi dengan banyak pengunjung di website, artinya akan menambah chance value ditambah dari google, karena semakin bagus konten, semakin banyak trafic dari visitor, bot google menganggap website ini berkualitas dan layak di jelajahi oleh penggunananya, sehingga akan menguasai dalam kompetisi website yang laris manis.

Saat mengetikkan kalimat "Supplier cat jakarta" ada beberapa peluang yang bisa didapat untuk mencapai target leads, dari result yang ditampilkan google business maps, SEM, penjualan di marketplace ternama, dan tentunya SEO website, jika anda memiliki website, lalu apa cara yang efektif ?

Baca Juga : Hal penting untuk konten marketing

Penyebab website sepi peminat

Sepi peminat disini, bukan berarti sedikit leads juga, mengunjungi website untuk tanya-tanya harga yang bisa jadi akan beli produk dalam kurun 1 - 3 bulan kedepan, lagi-lagi kembali ke core business, di website tersebut menjual produk apa ? apakah produk yang mudah diputuskan, atau produk jangka panjang ?

Karena bisa juga penjualan hari ini, adalah hasil transaksi dari SEM atau SEO dari leads beberapa bulan lalu, akan lebih mudah jika ada trackernya, atau bisa juga terjadi dari leads di google busines yang banyak review dari customer, sehingga mendapat trust dari google bot, dan visitor pun yakin dan tertarik dengan produk anda.

Sepi peminat website bisa saja terjadi karena harga anda terlalu mahal, bisa juga dari layanan customer service yang slow respon, bisa juga pelayanan anda yang kurang baik, website memang ibaratnya toko atau kantor digital, agar menaikkan minat pembeli, cobalah bekerja sama dengan para influencer dan mintalah review jujur darinya, bisa dengan memberi produk jasa cuma-cuma atau membayarnya dengan harga mahal.(Creativauz)

×

Notice!!

Dapatkan promo pembuatan website diskon 150,000 gunakan code WebOct saat hubungi chat Whatsapp