×
Pekerjaan Internet Research, Seberapa Menjanjikan ?

Internet Research atau Online research, atau bisa disebut juga Analyst Digital, yaitu suatu pekerjaan yang menyelesaikan tugas mengenai penelitian, analisa, hingga penyajian data yang berkaitan dengan sumber data yang didapat dari internet.

Seperti market, keuangan, branding, customer dan beberapa lainnya yang berhubungan dengan segala kebutuhan akan job desc tersebut, beberapa diantaranya adalah melakukan survey dan analisa produk yang menjadi tren, termasuk diantaranya suatu persepsi publik, dan sentimennya terhadap suatu obyek atau merk.

Hasil yang diberikan biasanya berjenis visual data dari kumpulan secara statistik yang selanjutnya akan menjadi kebijakan perusahaan untuk strategi memasarkan maupun langkah lainnya yang guna menunjang keberhasilan perusahaan.

Mengapa pekerjaan ini menjadi cukup populer  5belakangan ini selain  ? berkaitan dengan beberapa prediksi para perusahaan ventura yang hendak menginvestasikan dananya pada perusahaan startup, dibutuhkan riset mendalam dan penuh kehati-hatian.

Karena hasil analisa tersebut akan membantu perusahaan untuk menyiapkan plan A, B, C dst dengan beberapa instrumen data untuk sebuah keputusan bisnis, tidak terkecuali laporan keuangan dan minat publik akan suatu perusahaan startup, tak sampai disana, bahkan dari sisi perusahaan startup yang sedang mencari investor pun, Online Research ini juga bisa menjadi sumber untuk laporan terhadap calon investor.

Menariknya lagi, pekerjaan ini tentu tidak hanya berkutat pada analisis terhadap keuangan saja, namun termasuk diantaranya sentimen pengguna di dunia maya, seperti dari sosial media atau hasil online survey, bahkan beberapa kemampuan ada didalamnya, seperti pemrograman, pengolahan database, pemahaman tabel akuntansi, termasuk pemahaman terhadap pasar yang sedang hype.

Di perusahaan yang bergerak dibidang keuangan, perbankan, sekuritas, asuransi, agency hingga startup pada umumnya, tentu peran Online atau Internet Reasearch sangat dibutuhkan, berikut breakdown dari beberapa pekerjaan yang pernah ditemui di lapangan.

Apa saja yang dianalisa ?

1. Sentimen Analyst
Pekerjaan ini lebih fokus terhadap opini publik mengenai suatu obyek atau brand, bagaimana sentimen mereka, seberapa besar peluang produk ini akan diterima, seberapa besar efek influencer terhadap suatu produk apabila seorang influencer X yang membawakan, lalu apakah ada saran dengan konsep apa jika influencer X membawakan campaign atau endorse suatu produk ataupun jasa.

2. Investment Analyst
Lebih ke bagaimana seorang Internet Research bekerja sama dengan divisi keuangan suatu perusahaan untuk menganalisa seberapa besar rasio keuntungan yang akan dialokasikan untuk menjadi dividen atau pembagian hasil kerjasama kepada investor.

3. Business Analyst
Bagaimana seorang Internet Research akan meneliti dan menghasilkan suatu laporan yang dapat dipahami yang berlanjut pada keputusan bisnis, seperti, cara campaignnya, harus dimulai dengan cara apa, jika gagal apa langkah yang harus dituju, yang kesemuanya harus bersumber melalui data yang valid.

Skill apa saja yang wajib dimiliki ?

grid-skillwajib-market-research-11656855106.png

grid-skillwajib-market-research-21656855108.png


a. Kritis dan Detail
Harus mampu berpikir secara kritis, teliti serta mendetail, tidak hanya bergantung pada suatu asumsi saja, yang harus bisa didukung dengan data-data yang berhasil di collect dan ter-organisir.

b. Komunikasi
Data story-telling adalah skill wajib dimiliki seorang Internet Research, karenanya setelah berhasil mengumpulkan data, lalu mengolahnya dengan beberapa ilmu statistika yang dimilikinya, seperti conjoint analysis yang dapat menentukan suatu preferensi pengguna terhadap suatu brand, maka untuk menyajikannya harus bisa menjelaskan secara lugas, jelas komunikatif dan informatif.

c. Kepo
Bukan, ini bukan kepo yang stalking, bagi seorang peneliti, tentu harus memiliki rasa ingin tahu yang dalam, dan tidak mudah puas, dan harus memiliki data perbandingan, apakah valid atau sebatas asumsi saja ?

d. Logis
Selain kritis dan detail, kemampuan logis menjadi skill wajib lainnya, kenapa terpisah dari poin B ? terkhusus pada kasus sentiment analys yang didalamnya banyak memakai data mining, untuk memilah data agar menjadi data cleaning yang akan menghasilkan artian yang berbeda, semisal jika terdapat affixes, suffixes hingga prefixes, disini logika harus bermain, karena akan banyak multi-interpretasi atas data yang telah dikumpulkan.

Menjalani pekerjaan sebagai online research atau internet research tergolong cukup sulit, karena memiliki tanggung jawab yang besar, umumnya dibanyak perusahaan, jabatan Business Development, Digital Marketing, Research and Development, hingga Customer Relationship juga mulai mempelajari online research yang dibantu dengan divisi IT untuk mengolah data, dan banyak berkutat dengan Business Intelligence seperti toolsnya yang populer Power BI dan lain-lain.(Creativauz)


×

Notice!!

Gunakan kode sincia2023 pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign