×
Model Laporan Keuangan yang wajib dimiliki Startup

Bisnis startup kini makin menjamur dan menjadi trend baru, bagi mereka yang passion berbisnis, terlebih memiliki ide menarik dengan kombinasi akan teknologi yang mendisrupsi, sehingga kekuatan ide dan eksekusi dalam menjalankan startup akan terus tumbuh.

Namun, bisnis tetaplah bisnis, tidak merubah segala sesuatunya, sehingga pondasi awal seperti keuangan tetap wajib diperhatikan, dan dalam menjalankan bisnis startup, tentu terdapat beberapa rekomendasi model laporan keuangannya, berikut Creativauz bahas.


Laporan laba-rugi

Laporan keuangan jenis ini akan menampilkan kinerja perusahaan kamu dalam periode waktu yang ditentukan, baik per bulan, per kuartal, per tahun, atau yang dapat disesuaikan dengan kemauanmu.

Laporan ini juga merinci mengenai pendapatan seperti penjualan barang atau jasa, tidak terlepas pencatatan biaya operasional seperti akomodasi, transportasi penggajian, utilitas, biasanya detail laporan laba bersih berada dibawah tabel.

Untuk melihat sehat-tidaknya keuangan startup kamu secara menyeluruh, biasanya dari laporan laba rugi ini, biasanya calon investor akan melihat laporan ini sebelum memutuskan untuk lanjut investasi, karena keuntungan kedepannya dapat diprediksi dari sini.

Maka, pastikan dengan baik menulis laporan keuangan laba-rugi dengan rapih agar bisa terpantau dengan baik kualitas keuangan startup kamu.


Neraca

Laporan neraca jelas menampilkan total aset, liabilitas juga ekuitas perusahaan startupmu, laporan ini yang paling vital yang menjadi tolok ukur bagi para BOD, investor, pemberi pinjaman, stakeholder, sebagai laporan terakurat.

Kenapa disebut neraca ? seperti penamaan neraca yang di kedua sisi akan sama dengan sisi lainnya, yang tak lain adalah aset_perusahaan = kewajiban + ekuitas yang seringnya, nilai tersebut juga dipecah lebih dalam hingga menjadi nilai jangka pendek dan jangka panjang (aset tidak lancar).


Cashflow 

Atau yang disebut dengan arus kas, yang menujukkan pemasukan dan pengeluaran dana yang harus seimbang selama periode waktu sesuai kebijakan keuangan perusahaan, umumnya per kuartal keuangan atau per bulan yang ditentukan.

Arus kas seringnya menjadi masalah terbesar bagi kebanyakan perusahaan startup, sehingga sangat penting memantau laporan arus kas startup.


Laporan Modal 

Laporan jenis ini spesifik lebih pencatatan modal skala besar, jika masih sedikit para pemegang sahamnya, sepertinya belum terlalu membutuhkan laporan jenis ini, terlebih jika sudah berganti pemilik modal, yang artinya akan ada laporan perubahan modal.

Laporan jenis ini menjadi catatan penting para pemegang saham, saldo ekuitas, pergerakan ekuitas, hingga periode keuangan masing-masing pemangku kebijakannya, termasuk didalamnya aktivitas keuangan seperti saham yang dijual atau laporan pembayaran dividen.


Pembukuan keuangan startup.

Selain laporan keuangan, berbeda lagi pembukuan bagi bisnis tartup, apa sajakah jenis pembukuan startup ?

Catatan Pengeluaran 

Pembukuan ini penting diterapkan sebagai catatan rinci untuk setiap pengeluaran perusahaan, tentu semua harus rapih, meskipun itu nominal kecil hingga besar.


Catatan Pemasukan 

Begitupun dengan pemasukan yang masuk kedalam rekening bisnis kamu, pastikan teratur setiap harinya, sehingga pada laporan periode bulanan, dapat tercatat jelas pemasukannya.


Kas 

Pembukuan kas yang berkaitan dengan kas perusahaan dari pemasukan dan pengeluaran juga wajib dicatat, karena dengan kas ini, salah satu aset yang akan menjadi penentu likuiditas perusahaan, maka dari itu harus tercatat teliti dan benar,pastikan juga dalam pengawasan ataupun kontrol ketat, karena ini sangat vital.


Stok 

Catatan stok ataupun persediaan sangatlah menentukan kelangsungan penjualan daripada sebuah bisnis ataupun usaha, karenanya kamu harus memastikan saat terjadi penjualan serta stok persediaan akhir periode, agar tidak terlalu banyak yang berpotensi menimbulkan kerugian.

Mencatat stok akan sangat membantu dalam pengawasan operasional startup agar mudah dan tertata dengan baik.


Inventaris 

Inventarisasi barang adalah pencatatan semua aset yang kantor kamu miliki, pastikan setelah membeli barang (aset), segera mencatat dalam pengeluaran, dan lakukan pendataan terhadap barang tersebut seperti dengan kode barang, dan mencatatnya dalam pembukuan ini, sehingga barang wujud yang dibeli tercatat dengan benar.

Apapun jenis startupnya, pastikan memiliki catatan selengkapnya, yang terpenting adalah mencatat segala hal yang diperlukan, poin yang Creativauz tulis disinihanyalah secara umum dan garis besarnya, kesemuanya dapat disesuaikan dengan bidang jenis usaha kamu.

Dalam pencatatan, bisa dengan memakai software microsoft excel atau berupa software keungan dan inventaris, pastikan memakai software yang bekerja sesuai SOP startup kamu, percayakan dalam pengerjaannya dengan Jasa Pembuatan software terpercaya.(Creativauz)

×

Notice!!

Dapatkan promo pembuatan website diskon 150,000 gunakan code WebOct saat hubungi chat Whatsapp