×
Meminta Google Review Pada Customer

Tentunya kami turut berduka atas insiden yang menimpa putra bapak Ridwan Kamil selaku gubernur Jawa Barat, yang tentunya hal ini membawa rasa duka mendalam bagi semua, sebagai sesama manusia kita harus mendoakan almarhum dan keluarga bapak Ridwan Kamil atau kang Emil.
Begitupun efek dari kejadian tersebut, netizen Indonesia ramai-ramai memberikan ulasan negatif akan sungai Aare yang terkenal deras dan sebagai obyek wisata bagi warga lokal Swiss, ulasan tersebut membuat beberapa pihak menyesalkan perbuasan netizen, kali ini kita akan bahas, cara mendapatkan Google Review dari Customer.
Ulasan Halaman Google Bisnis atau Google Business Reviews sangatlah membantu menunjang peringkat SEO, ditambah lagi meningkatkan citra perusahaan, sedikit selama lebih banyak ulasan positif ketimbang ulasan negatif, ditambah lagi dapat menambah kepercayaan calon customer, karena dengan google bisnis, akan menampilkan alamat lengkap dan peta di gmaps sebagai petunjuk bagi calon pelanggan kamu.

Kenapa harus minta review
Siapa yang harus dimintai review
Perlukah juga ditampilkan di website
Waktu terbaik meminta google review
Cara meminta google review melalui email/chat dan telepon.

Hebatnya lagi, ulasan google tidak bisa dibuat, karena mengenali 1 mac address sebuah perangkat, sekali memberi ulasan, maka tidak akan bisa menampilkan ulasan meskipun dengan akun berbeda,  selama dalam 1 device atau 1 perangkat yang sama, sehingga kredibilitas ulasan di halaman google bisnis sedikit bisa menjamin.

Kenapa harus minta review ?
Riset yang dilakukan oleh BrightLocal menunjukkan bahwa 76% konsumen yang diminta memberikan review setelah layanan selesai, mereka benar-benar memberikan ulasannya, dengan sejujur-jujurnya, terlebih lagi jika masih ada retensi atau jaminan garansi yang kamu berikan, jika bisnis kamu bidang jasa, maka mereka tidak akan ragu ngisi ulasan bintang 5.

Masih berdasar pengamatan yang dilakukan BrightLocal ulasan yang diminta dari customer akan menghasilkan skor lebih tinggi, sekitar 4.7 hingga full bintang 5, kalau tidak diminta, dan customer tersebut iseng atau gabut ngasih, biasanya yang dikasih antara 3.9 sampai 4.5.

grid-contoh-google-review1656890427.png

Tapi yang perlu di ingat adalah, kalau layanan produk dan jasa kamu benar-benar sudah baik ya, sama halnya seperti ulasan di aplikasi aplikasi ride hailing, maka kamu gak perlu sungkan minta review, selain buat penilaian jujur, yang terpenting adalah meningkatkan rank SEO kamu.

Siapa yang harus dimintai review ?
Pastinya yang in charge selama ini dengan kamu, tidak harus C level di perusahaan client kamu, kalau misal yang kamu layani adalah pengadaan jasa alat pantry kantor, yang umumnya, setelah purchasing, kamu akan in charge dengan staff Legal / GA atau OB, tidak masalah kamu mendapat review dari Legal / GA, namun yang paling disarankan adalah procurement staffnya.

Perlukah juga ditampilkan di website ?
Tidak hanya di website, untuk client termahal dengan karya kamu yang paling masterpiece pun boleh kamu screenshot dari google review lalu kamu paste di setiap berkas proposal atau penawaran yang kamu gunakan untuk prospecting new customer kamu.

Waktu terbaik meminta google review

Pastinya setelah pekerjaan kamu selesai, berikut serah terimanya, tidak ada salahnya kamu memberi sedikit 'gift' kepada person in charge selama kamu berkoordinasi untuk mengerjakan project atau pengiriman produkmu, service sebaik mungkin dan arahkan dengan bahasa formal bahwa permintaanmu ini sangat berarti bagi bisnis kamu.
Tentunya, pelangganmu yang mendapat layanan terbaik, akan dengan senang hati memberikan ulasan positif, perlu di ingat, timing yang pas adalah menjelang jam istirahat, atau menjelang jam pulang kerja, peringatkan kembali dengan pendekatan relasi bisnis, paling mudah saat kamu, mengajaknya makan siang bersama, saat-saat penutupan project.

Cara meminta google review melalui email/chat
Tips untuk meminta ulasan di google bisnis via email adalah dengan menjelaskan tujuan utama, tidak perlu basa-basi, pinta secara singkat jelas dan padat, personalisasikan email kamu, yang artinya buat seolah ini personal buat kinerja kamu namun tetap membawa atas nama perusahaan tempat kamu bekerja, dan contohnya adalah.

Untuk judul bisa dengan bahasa formal : "Masukan untuk produk atau jasa kami sangat berarti", bahasa semi formal : "Cukup 5 menit berbagi rasa dengan produk atau jasa kami", bahasa semi kasual : "Ceritakan pengalaman kamu", untuk bahasa kasual : "Saran kamu enaknya gimana".

grid-googlebisnisreview-dari-email1656890613.png

Contoh isi email/chat untuk meminta ulasan dengan mengirim pesan secara sekaligus ke beberapa konsumen baru :
Dengan Hormat,
Terima kasih telah membeli produk X, tentunya kami harap Anda menyukai produk ini.
Kami sangat menghargai waktu dan pilihan anda membeli dan mempercayakan produk kami, dan senantiasa akan terus meningkatkan pelayanan dan pengalaman anda belanja barang kami.
Mohon curahkan waktu sejenak hingga paling lama 5 menit untuk login ke akun google anda, dan menuju ke (google bisnis anda) dan berikan ulasan sejujur-jujurnya.
Sementara itu, kami akan tetap menanti telepon anda untuk pertanyaan ataupun dukungan.
Salam Hormat,
(Nama Divisi)
(Nama Anda)


Contoh isi email/chat  untuk meminta ulasan pertama kalinya dengan mengirim email/chat  ke pelanggan setia :
Halo (Nama Pelangggan) dari PT. XYZ
Terima kasih atas kepercayaannya menggunakan kembali jasa atau membeli produk kami kembali, kami menyadari terdapat beberapa kesan yang anda alami, untuk meningkatkan layanan dan kualitas kami, agar pengalaman anda dan konsumen lainnya lebih menarik, kami membutuhkan dukungan anda, sedikitnya 5 menit dari waktu berharga anda, mohon sedianya mengklik link ulasan di halaman google business kami (cantumkan link) dan memberikan penilaian layanan maupun produk kami, seperti kata setiap pedagang, tidak puas, katakan pada kami, jika anda puas, katakan pada orang lain, kali ini melalui halaman tersebut.
Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih atas waktu luang anda, semoga selalu diberi keberuntungan dalam menjalani hari-hari.
Salam Hormat Kami,
PT (nama perusahaan anda)


Contoh isi email/chat  untuk meminta ulasan dengan pendekatan kasual :
Hai (sebutkan kalimat sapaan pelanggan setia : contoh SahabatAsuransi)
Seneng banget rasanya bisa melayani atau produk ini bisa sampai di tangan kamu, gimana rasanya pengalaman kamu dari proses belanja sampai bisa dapat barang atau jasa kami ? kami pengen banget dengar dari kamu sendiri tentang proses belanja dan penyelesaian layanan kami barusan.
Mohon di isi cerita dan perasaan yang kamu rasakan saat berinteraksi dan proses pembeliang barang atau jasa dengan kami, nggak perlu ke ecommerce atau market place kami, cukup di halaman google bisnis kami, caranya isi komentar di (berikan link halaman google bisnis kamu).
Kami tunggu ya, ulasan kamu sangat penting buat kami, Terima kasih.


Cara meminta google review melalui telepon panggilan.
Untuk hal ini akan sangat mudah, karena biasanya dari manajemen tempat kamu bekerja sudah di training bagaimana mengoperasikan peran sebagai customer service dan meminta ulasan, namun perlu ditambahkan kalimat pendekatan mengenai permintaan menulis sesuatu di laman google bisnis, maka, arahkan dengan baik sesuai nama laman google bisnis kamu ya.

Belajar dari tingkah laku netizen +62 tentu review google business tidak serta merta menjamin akurasi pemberi ulasan, karena sentimen negatif dan positif bisa di buat bahkan ada jasa boosternya, bisa saja sentimen negatifnya adalah persaingan atau kebencian personal pada pemilik bisnis maupun perusahaan tempat kerjanya.

Meski begitu dapat di pilah, seperti review yang kelihatan natural dengan campuran kalimat complain dan memuji, serta rating yang diberikannya, kadang hanya memberi rating tanpa komentar,atau komentar bagus  tapi rating buruk, semua bisa diperhatikan ke asliannya, namun jika tujuannya adalah SEO website, dapatkan sebanyak mungkin Google Business Reviews.(Creativauz)

×

Notice!!

Gunakan kode p4hl4w4n pada chat Whatsapp agar mendapatkan promo diskon 10% untuk pembuatan website, dan 5% untuk diskon digital campaign