×
Apa perbedaan SEO dan SEM ? Idealkah untuk bisnis ?

Dalam dunia bisnis digital dan pemasaran online, seringkali kita mendengar istilah SEO dan SEM, keduanya dikenal sebagai teknik marketing yang sangat efektif mendatangkan manfaat bagi para pebisnis yang menjamah pasarnya secara online.

Di era digital ini, hampir keseluruhan orang akan mencari referensi produk yang akan dibeli, maka dengan menggunakan teknik SEO dan SEM, maka akan membuat calon pelanggan kita terjaring dalam prospek pasar kita, kali ini kita akan membahas lebih detail, tentang seo dan sem.

Tentang SEM
Apa itu SEM ? SEM adalah singkatan dari Search Engine Marketing, yaitu cara mempromosikan produk barang dan jasa secara online dengan mengalokasikan sejumlah dana untuk mengiklankan.

Dengan cara ini, brand yang kita iklankan tentu akan berada di urutan teratas pada pencarian google dengan keyword yang dimaksudkan, biasanya hal ini juga disebut dengan Paid Search atau pencarian berbayar, untuk yang masih awam, tentu anda membutuhkan jasa digital marketing khusus SEM specialist.

Tentang SEO
Berbeda dengan SEM, Search Engine Optimization adalah salah satu cara memasarkan produk jasa secara online yang alami, tanpa harus membayar, tentu hal ini membutuhkan effort besar, bagi pemilik websitenya, karena pencarian dengan keyword yang dimaksud akan muncul di posisi teratas.

Karena hal ini akan gratis, tentu kamu yang masih awam akan membutuhkan Jasa SEO, atau jika ingin melakukan sendiri, kamu harus belajar content writing, mengenal structure data, konsep SERP atau Search Engine Result Page dengan keyword yang relate dengan website kamu.

Terdapat 2 teknik secara garis besar, yaitu On Page atau Off Page, begitupun dengan cara lainnya, bisa dengan black hat atau white hat, namun yang paling disarankan adalah white hat seo, agar website kamu awet.

SEO vs SEM
Lalu, manakah keduanya yang efektif ? jika website kamu masih sama sekali baru, SEM adalah yang paling efektif, kamu harus merogoh kocek dalam, dan sedikit pengetahuan, diantaranya adalah trend keyword, harga ppc, apa itu CTR, hingga penggunaan utm tracker.

Kalau kamu sudah tahu konsep SEO, maka kamu perlu bekerja keras, supaya website kamu muncul di pencarian teratas mesin pencari.

Pengoperasian SEM dan SEO
SEM, adalah bagian dari layanan Google, lebih tepatnya Google Adwords, dari sana kamu harus memilih expert mode, agar lebih bisa mengatur iklan yang kamu jalankan, bisa memilih Google Display, Google Shopping, Search, dan placement multimedia seperti Youtube.

Untuk SEO, sudah banyak tutorial yang bersebaran diinternet untuk kamu pelajari, dengan konsep, bagaimana website kamu akan diklik, akan mendapat kucuran tautan dari website lain yang tentu saja trafficnya lebih besar dari websitemu.

Budget yang dialokasikan
Alokasi budget yang ideal adalah seberapa besar target pencarian kamu, apakah objectivenya ? lakukan riset sederhana memakai Google keyword research, google trends, lalu perhatikan beberapa saat setelah iklanmu tayang, berapakah rasio klik dan impresinya?

Buatlah analisa sederhana mengenai, jika setiap impresi akan menghasilkan sekian klik, maka berapakah budget harian yang cocok ? dan cocokkan juga dengan google analytics, mengenai bounce rate yang kamu dapatkan, sehingga kamu tahu di page mana sajakah pengunjung menutup websitemu.

Jangkauan
SEO sangat berguna meningkatkan pengunjung di website, yang berpotensi menghasilkan penjualan, dan secara tidak langsung akan menampilkan websitemu sebagai urutan tertinggi hasil pencarian google.

Sedangkan SEM, yang berbayar, akan lebih memperluas jangkauannya, karena kamu bisa memilih keyword yang sedikit melenceng jauh dari description website kamu, bahkan kamu bisa memakai keyword berupa brand atau merk situs saingan kamu,tentunya menambah hasil pencarian organik dan akan menjadi nilai plus untuk SEO website kamu, atau sederhananya, SEM juga akan mendongkrak SEO websitemu jika terus menerus dilakukan dengan teput.

Manakah yang Ideal ?
Setelah kita membedah satu per satu, manakah yang Ideal untuk website kamu ? keduanya sama baik, sederhananya, kalau kamu punya uang lebih, jalankan SEO dan didukung dengan SEM, kalau uangmu pas-pasan, sering-sering bikin artikel dan beli pbn untuk website kamu.

SEO akan sangat menyenangkan kalau kamu tahu konsepnya ditambah lagi suka menulis dan membaca, jika tidak punya waktu dan minat, percayakan kepada Jasa SEO dan Digital Marketing Agency, untuk mengerjakan SEO dan mengelola Ads agar SEM kamu berjalan dengan baik.(Creativauz)

×

Notice!!

Dapatkan promo pembuatan website diskon 150,000 gunakan code WebOct saat hubungi chat Whatsapp